Sabtu, 06 Oktober 2007

PROFILE KKPM 193

Alamat : Jl Mutiara No.04 Tlogomas Malang 65144 Telp (0341)580009
e-mail : kkpm_193@plasa.com

SEJARAH RINGKAS
Kelahiran KKPM bermula dari sekelompok pemuda yang sebagian besar aktifis mahasiswa yang ada di Malang Jawa Timur pada tanggal 18-20 Januari 2002 yang merefleksikan nasib demokrasi di Indonesia pada masa transisi.

Dalam pertemuan yang dihadiri sekitar 40 mahasiswa yang bergerak di berbagai sektor pendampingan: petani, buruh, kaum miskin kota, dan kesenian dapat disimpulkan bahwa demokrasi di Indonesia akan berjalan bila organisasi rakyat kuat.

Berbagai kebijakan pemerintah transisi yang tidak berpihak kepada kaum marginal menunjukkan organisasi dan gerakan rakyat sebagai inti gerakan sosial (sosial movement) di Indonesia masih lemah. Berangkat dari permasalahan yang mendasar ini, maka dibentuklah Kelompok Kajian dan Pengembangan Masyarakat yang disingkat dengan KKPM. Yang tugas utamanya adalah melakukan pengkajian (discourse), pendidikan (education), pengorganisasian (organizing), dan pendampingan (advocaty).
Pada perkembangannya KKPM lebih fokus pada penguatan organisasi rakyat di pedesaan dengan menumbuhkan kesadaran petani melalui proses pendidikan, penataan produksi, pengutan akses pasar dan peningkatan sumber daya lokal yang ada di pedesaan.
Akhirnya, perubahan menuju Indonesia yang berbasis “Desa Mandiri” merupakan cita-cita besar sebab desa merupakan tulang punggung bangsa.

VISI
Terbangunnya manusia yang sadar akan identitas budaya (cipta, rasa dan karsa) akal budi (etis dan teologis) dan cita-cita luhur sebagai pengerak utama terciptanya masyarakat yang berkeadilan sosial.

MISI
Mengupayakan masyarakat untuk mampu memenuhi kebutuhan praktis (sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan) dan strategis (melalui kerja-kerja kebudayaan yang berperadaban.
Nilai-nilai
keadilan sosial
kedaulatan
kemandirian
keseimbangan dan keselarasan
kerakyatan
kebebasan
kebersamaan dalam keragaman

TUJUAN UMUM
a.memfasilitasi terbangunnya tatanan masyarakat pedesaan yang berdaulat, berkesadaran, berdaya dan keadilan sosial.
b.Penguatan KKPM sebagai lembaga dan komunitas pelayan masyarakat dalam rangka mewujudkan gerakan sosial yang kuat melalui dukungan ilmu dan teknologi serta dukungan financial.


TUJUAN KHUSUS
Terwujudnya desa yang mandiri yang mampu membela dirinya sendiri dan kehidupan sosial, nasional dan bangsa dalam ekonomi, politik dan budaya melalui pelaksanaan reforma agraria yang sejati (land reform by leverage). Akses modal dan teknologi yang memadai serta peningkatan sumber daya lokal yang menjunjung tionggi nilai kesetaraan gender.

METODOLOGI
mengadakan forum-forum sebagai media interaksi untuk menghasilkan kesepakatan-kesepakatan dan pengembangan pola pikir transformatif
aksi refleksi yang menghasilkan praksis dengan mengunakan analisa sosial (struktural, historis, gender dan analisis lingkungan)
musyawarah dalam format baru yang berakar pada budaya rakyat dan aktual dalam strategi, metode, pemecahan problematik dan materi

PROGRAM POKOK
a.Pendampingan Komunitas Pedesaan
b.Pendidikan Musyawarah
c.Pengembangan Jaringan dan Aliansi Strategis
d.Pengembangan Pertanian berkelanjutan
e.Penelitian, Penerbitan dan Penyebaran Informasi Pedesaan



Bentuk-bentuk kegiatan yang pernah dilakukan
1.pendampingan kasus tanah petani di Desa Dengkol Kecamatan Singgosari, Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, dan Desa Tlogosari Kecamatan Tirtoyudo tahun 2002 sampai sekarang.
2.memfasilitasi pertemuan kelompok tani se-malang raya
3.pendidikan politik bagi kaum perempuan di kecamatan kepanjen dan kecamatan singgosari kabupaten malang tahun 2004.
4.pendidikan musyawarah di kelompok tani Desa Tlogosari Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang dan di Serikat Petani Gunung Biru Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu tahun 2004
5.penelitian dan pengkajian kemiskinan (partisipatory poverty assessment) di desa Tlogosari Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang tahun 2004
6.menyusun Strategi Penangulangan Kemiskinan bersama masyarakat (Poverty Reduction Strategy Paper) di desa Tlogosari Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang tahun 2004
7.Temu Kader Petani dan Pendidikan Globalisasi se- Jawa Timur tahun 2004
8.Pembibitan Tanaman Nilam di Serikat Petani Gunung Biru Desa Tulungrejo Batu tahun 2005
9.Pembibitan Tanaman Kopi di kelompok Tani Antansari Desa Tlogosari Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang tahun 2005

STRUKTUR ORGANISASI PERIODE 2004/2005

Ketua; M. Fadllil Kirom
Bidang Keorganisasian
a.Unit admistrasi dan keuangan
Iskandar
M Rifai
b.Unit Pengkaderan
Arif Wahyudi
M. Sholahuddin
c.Unit Humas
Miftahul Huda
Imran Rosyawan
d.Unit Litbang
Imam Hambali
Bidang Program
A.Unit SA (Sustainable Agriculture)
Imam Muhtarom
Sugiono
B.Unit Pendidikan dan Aadvokasi
Indra Mauluddin
Aqib Ardiyansyah
C.Unit kampaye
M. Saad Satriawan
Dedi Putra
D.Unit Gender
Muflihatul Fuadah
Sofiah Sari

Tidak ada komentar: